Oleh Dadang Suparman, S.Pd.
1. PendahuluanDalam kegiatan keseharian di sekolah dasar, jarang sekali siswa meluangkan waktu ketika istirahat untuk membaca buku. Padahal, waktu istirahat yang disediakan oleh guru cukup lama, sekitar 30 menit. Hal ini terjadi dikarenakan belum ada teknik pengkondisian (pembiasaan) oleh guru kelasnya, terutama kegiatan membaca buku pelajaran, Koran, majalah dll. Mereka hanya bermain-main dengan teman-temannya. Permainan yang biasa mereka lakukan diantaranya, kejar-kejaran, bercakap-cakap, jajan, dan kegiatan lain yang jauh dari kegiatan membaca buku.
Waktu istirahat 30 menit itu cukup lama, alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk memberi keleluasaan kepada siswa mencurahkan pikiran, perasaan dan kemauannya. Kegiatan bermain bagi siswa merupakan salah satu kegiatan yang dapat mencurahkan segala sesuatu yang ada di benaknya. Kalau diamati, mereka sangat asyik dengan kegiatan yang dilakukannya.
Untuk itu, perlu suatu upaya guru untuk mengkondisikan siswa membagi waktu istirahatnya dengan kegiatan yang dapat mengaktifkan fikiran, perasaan dan kemauannya.
Dengan demikian, teknik untuk memicu siswa gemar membaca buku pelajaran khususnya perlu diupayakan oleh guru.
2. Membaca Simbol Huruf Dengan Kecepatan Membaca 125 kata/menit
Untuk membiasakan siswa gemar dalam membaca buku pelajaran, perlu adanya upaya guru untuk mengkondisikan siswa dalam pemanfaatan waktu istirahat seefektif mungkin. Adapun teknik dalam mengkondisikan siswa membaca buku pelajaran adalah sebagai berikut :
- Sediakan waktu kira-kira 70 detik/siswa
- Sediakan juga teks cerita menarik bagi siswa sebanyak 200 kata dan berilah nomor pada setiap kata
- Pangggil siswa satu per satu ke depan kelas untuk membaca
- Sediakan pengukur kecepatan waktu, stopwatch/jam tangan guru.
- Berilah aba-aba kepada siswa untuk mulai membaca
- Ukurlah kecepatan membaca siswa
- Setelah sampai 1 menit beri komando kepada siswa untuk berhenti membaca teks
- Setelah siswa selesai membaca, lihatlah nomor pada kata yang telah disediakan.
- Tunjukkan kepada siswa, bahwa mereka baru mampu untuk membaca sampai nomor tertentu.
- Berikan motivasi kepada siswa untuk lebih semangat membaca buku, Koran, majalah dll.
Langkah-langkah di atas perlu waktu sekitar 2 jam pelajaran bagi 22 siswa. Untuk jumlah siswa yang jumlahnya berbeda, maka waktunya berbeda pula.
3. Kesimpulan
Motivasi diri, intelegensi guru dapat menciptakan suatu teknik untuk mengkondisikan siswa dalam megefektifkan dan menefesienkan waktu tertentu. Salah satunya adalah teknik membaca symbol huruf 125 kata/menit dapat membiasakan siswa untuk gemar membaca buku pelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar